Selamat gini hari lur..

Udah lama ga nulis, jadi kangen nulis lagi.

Oke langsung aja nih mau share pengalaman Pembuatan SKCK Baru di Polsek Ciracas, Jakarta Timur.

Sebelumnya yang kudu wajib disiapin sebagai berikut :

  1. Pengambilan rumus sidik jari dari kepolisian setempat (kalo ini langsung di polseknya, gausah khawatir nanti juga tau kok :D)
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotokopi Akte Lahir / Ijasah
  5. Pas foto berukuran 4×6, 6 lembar (LATAR BELAKANG MERAH)
  6. PULPEN (Ini wajib banget bawa jangan sampe lupa, soalnya nanti bakal ngisi formulir buat data2)
  7. Tissue Basah (sebenernya ini opsional, tapi lebih baik bawa nantinya sehabis sidik jari biar gampang bersihinya)

IMG_20180126_100659.jpg

Setelah berkas2 sudah siap semua langsung meluncur ke polsek ciracas, letaknya antara lampu merah hek sama pasar induk (kejauhan ya? hehe). Datang usahakan pagi2 ya sekitar jam 8an karena semakin siang semakin ramai dan sekarang ada batasan pengeluaran blangko skck per harinya, kalo ga salah 100 blangko/hari. Itupun juga kalo banyak stoknya.

Untuk update mengenai SKCK di Polsek Ciracas bisa pantau di : https://twitter.com/SKCKsekRCS

IMG_20180126_100627-picsay.jpg

Kemudian sampailah di lokasi sekitar jam 9 kurang. Kalo baru dateng langsung ke arah sebelah kanan gedung ada petunjuknya untuk pengurusan SKCK. Sampai ditempat ternyata sudah ramai ada sekitar 10 orang lebih. Jangan sungkan2 buat tanya petugas atau sesama peserta kalo gatau harus ngapain. Soalnya emang bingung baru dateng harus ngapain hehe..

IMG_20180126_100643.jpg

Akhirnya nanya juga sesama peserta dengan seorang bapak2, dan ngobrol2 deh. Ternyata bapak tersebut mengurus SKCK untuk melamar pekerjaan sebagai Go-Send. Kalo dilihat sebenernya kasian juga udah tua tapi masih harus kerja juga. Tapi saya salut sama bapak tersebut dia cerita banyak hal dan semangatnya berjuang melawan kerasnya jakarta untuk kehidupan istri dan anak2nya. Semoga sehat terus ya pak! 🙂

IMG_20180126_100741-picsay.jpg

Nah, langsung aja ke loket untuk minta formulir pengisian data2 ke petugasnya. Setelah dikasih langsung cari tempat duduk yang ada mejanya dan isi sesuai data dengan apa adanya. Kalo untuk catatan kriminal jika tidak pernah bertindak kriminal tidak perlu diisi. Jika sudah diisi semua data2nya, lalu siapkan berkas2 yang tadi dibawa dan satukan dengan formulir tadi yang sudah diisi. Oya kalo lupa bawa klip kertas bisa minta sama petugasnya. Kalo udah siap langsung balik lagi ke loket buat nyerahin berkasnya dan tunggu dipanggil.

Note :

Sehabis ngobrol sama bapak2 tadi, ada suatu kesimpulan yang saya dapat. Jika kita membawa akte kelahiran, kita tidak perlu membawa surat pengantar dari RT RW Keluarahan alias bisa langsung. Jika tidak ada akte kelahiran, otomatis langsung menggunakan Ijazah terakhir dan harus membawa surat pengantar dari RT RW Keluarahan. Nah kalo info tersebut sebenernya saya masih belum tahu pasti. Teman2 bisa comment dibawah mengenai info tersebut, tapi saya sendiri karena membawa akte kelahiran jadi tidak ditanya surat pengantar dari RT RW Keluarahan di Polsek Ciracas tersebut.

Duduk deket loketnya biar kalo dipanggil langsung sigap, setelah dipanggil biasanya ditanya sama petugasnya :

P : Ini untuk keperluan apa?

S : Untuk melamar pekerjaan

…….. *tulis2 di dokumen apa gatau* ……..

P : Biayanya 30 ribu

S : Oke pak

P : Mau sekalian fotocopy legalisir ga?

S : (hmmm…) Iya Pak mau

P : Biayanya 5 ribu

S : Oke pak, jadi 35 ribu ya?

P : Iya

Setelah bayar 35 ribu nanti dari petugas dikasih semacam kwitansi untuk bukti pembayaran pembuatan SKCK. Jangan sampe hilang disimpang buat kenang2an hehe. Kalo udah langsung duduk lagi buat nunggu pengambilan rumus sidik jari kita.

Sekitar 10 menit nunggu, nama kita dipanggil dan langsung untuk pembuatan sidik jari. Nah ini biasanya dipanggil sekitar 3-6 orang sekaligus abis itu kita ngantri gantian buat cap sidik jari. Pas udah giliran saya, tangan kita disuruh lemesin jangan dilawan. 10 Jari kita dicap di kertasnya.

IMG_20180126_102917.jpg

Kalo udah selesai sidik jari kita bisa duduk dan nunggu lagi buat pengambilan SKCKnya. Nah disini peran tissue basah tadi. Kalo bawa kan enak tinggal keluarin bersiin beres deh.

IMG_20180126_100827-picsay.jpg

Setelah nunggu hampir setengah jam dan jam menunjukkan jam 10 lewat, akhirnya nama saya dipanggil juga dan keluarlah itu SKCK asli dan fotocopy legalisirnya. Total waktu yang dibutuhkan kurang lebih 60-80 menit per orang tergantung keadaan disana.

img_20180126_100728.jpg

Oke sekian pengalaman saya membuat SKCK di Polsek Ciracas. Semoga membantu teman2 semua yang mencari info mengenai pembuatan SKCK di Polsek Ciracas.

Terima kasih 🙂